Rapat Fasilitasi Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Ogan Komering Ulu Triwulan I Tahun 2019



2019-06-03

Bertempat di Ruang Rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. OKU, Jl. Iman Bonjol No. 681 Desa Air Paoh Kec. Baturaja Timur Kab. OKU telah dilaksanakan Rapat Fasilitasi Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Ogan Komering Ulu Triwulan I Tahun 2019. Dengan Rangkaian Acara sebagai berikut :


1. Rapat dibuka oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kab. OKU, Novian Ardi, SE. Menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Bupati OKU semua transaksi keuangan dilaksanakan secara non tunai untuk itu para anggota FPK Kab. OKU menyampaikan nomor rekeningnya untuk pembayaran honor. Untuk dana hibah pada tahun 2019 ada peningkatan sebesar 75 juta. Sebentar lagi akan dilaksanakan Pemilu, semoga di Kab. OKU berjalan dengan baik dan sukses. Terkait pelaksanaan pemilu diminta agar anggota FPK Kab. OKU dapat mendukung dan menjaga kondisi Kab. OKU tetap aman dan kondusif.


2. Arahan dari Ketua FPK Kab. OKU, Drs. H. Suprijadi Jazid. Menyampaikan bahwa masalah dana hibah ada peningkatan untuk tahun ini dan untuk saudara sekretaris agar membuat program FPK. Untuk program rencana kunjungan kerja ke Kemendagri terkait tentang pendanaan FPK yaitu apa boleh anggaran desa untuk pembentukan FPK ataupun dana dari sumber. Yang perlu kita tuntaskan ini masalah kunjungan kerja mohon masukan dari anggota FPK Kab. OKU apakah seluruhnya akan ikut atau perwakilan saja. Untuk itulah kita ada kata sepakat dan mupakat dari anggota FPK. Masalah dana pembentukan FPK Kecamatan belum ada dasar hukum yang kuat maka dari itu kita cari dasarnya.


3. Sambutan Sekretaris FPK Kab. OKU, Darman Safei, SE., M.Si. Menyampaikan bahwa rencana semula dana hibah akan digunakan untuk pendalaman materi ke Riau, namun mengingat kebijakan tentang FPK ada di Kemendagri, akan lebih baik apabila pendalaman materi FPK ke Kemendagri atau ke FPK Bandung. Diminta pendapat dan saran anggota FPK terkait rencana pendalaman materi dimaksud. Untuk tahun 2020 kegiatan dana hibah difokuskan untuk pembentukan FPK Tingkat Desa.


4. Rapat dilanjutkan dengan diskusi dan saran dari anggota FPK Kab. OKU.
a. Angota FPK Kab. OKU, Syaiful Yani, B.Sc.

Menyampaikan program kerja FPK Kab. OKU tentang rencana kerja FPK yaitu program pembentukan FPK ditingkat Kecamatan. Kita meminta laporan dari FPK Kecamatan tentang Desa-Desa yang belum terbentuk FPK.


b. Wakil Ketua II FPK Kab. OKU, Apratama Dedy, SH.

Menyampaikan bahwa pada pengesahan FPK periode sebelumnya kendala yang ditemui dilapangan antara lain ada keraguan dari perangkat desa untuk membentuk FPK tingkat Desa.


c. Anggota FPK Kab. OKU, dr. I Nyoman Mudiarcana. Menyampaikan bahwa pendanaan kita programkan tiap tahun untuk melakukan koordinasi baik tingkat kecamatan dan desa.


d. Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Halim Burni, S.Sos.

Menyampaikan bahwa materi yang akan ditanyakan pada pendalaman materi di Kemendagri antara lain pedoman atau dasar untuk pembentukan FPK di Kecamatan dan Desa.


e. Ketua FPK Kab. OKU, Drs. H. Suprijadi Jazid.

Menyampaikan bahwa pada tahun akan lebih baik apabila difokuskan untuk pembentukan FPK Kecamatan. Untuk pembentukan FPK Desa akan dibahas dari hasil pendalaman materi ke Kemendagri.


Rapat dihadiri oleh :
1. Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Halim Burni, S.Sos
2. Kasubbid Bina Ideologi, Mursilawati, S.IP
3. Kasubbid Wawasan Kebangsaan, Fikri Hidayat, SE
4. Para Anggota FPK Kab. OKU
5. Staf Bidang Ideologi dan Wasbang

Rapat selesai pada pukul 11.15 WIB.